JUAL GAMELAN JAWA :Apa itu Gamelan Jawa?

Kami menjual gamelan jawa bahan besi kuningan perunggu.

Pengrajin gamelan jogja menjual gamelan jawa ke seluruh indonesia.Sebelum nya mari kita mengenal Apa itu Gamelan Jawa?
Menurut sejarahnya gamelan ini berdasar pada penjelasan dari Gusti Puger putra P.B. XII, dan didalam Serat Wedhapradangga di keraton surakarta yang ditulis pertama kali oleh Raden Tumenggung Warsadiningrat, serta serat kumpulan tentang sejarah gamelan yang dihimpun oleh Raden Ngabehi Prajapangrawit pada tahun 1874. Gamelan yang lahir ditanah jawa adalah gamelan gangsa raras salendro. Pada mulanya tahun 167 Sang Hyang Guru atau Sang Hyang Jagatnata  atau Lokanata memberikan sebuah serat berupa Swara Karengeng Jagat, swara ini berasal dari gamelan Lokananta / Lokanata. Berdasarkan keterangan dari G.P.H. Hadiwijaya (Team Redaksi Pustaka Jawa) Gamelan hanya terdiri dari 5 ricikan dalam gamelan Lokananta tersebut :
a. Ricikan Gendhing, sekarang dikenal dengan Kemanak.
b. Ricikan Pamatut, sekarang dikenal dengan Kethuk.
c. Ricikan Sauran, sekarang dikenal dengan Kenong.
d. Ricikan Teteg, sekarang dikenal dengan Kendhang ageng.
e. Ricikan Maguru, sekarang dikenal dengan Gong.
Pada tahun 187 pertama kali terdengar swara Matenggeng Karna dari Sang Hyang Indra atau Surendra dan diberi nama Salendro. Ricikannya tetap 5 dengan menggunakan swara tembang Sekar Kawi atau Ageng.  Kemudian di Tahun 336 oleh Sang Hyang Indra ricikan gamelan bertambah 2 jenis yaitu:
1. Ricikan Salundhing, sekarang dikenal dengan kempul, dan
2. Ricikan Gerantang, sekarang dikenal dengan gambang.
Menurut sumber lain, Fakta yang jelas adanya gamelan di tanah jawa menurut  Panggiyo S.Kar, MA seorang dosen Karawitan ISI Surakarta,  Bapak Agus Purwo Murdoko, S.Sn. seorang Guru Seni Budaya SMAN 1 Kartasura, dan KRA Haryono Hadiningrat atau lebih dikenal dengan nama Prof. Dr. Timbul Haryono, MSc. Seorang arkeolog yang tinggal di daerah Prambanan Yogyakarta dan pernah dimuat di Majalah Sasmita edisi I tahun pada 2007, yang terdapat pada bukti fisik di relief-relief candi Borobudur Magelang, dan beberapa candi-candi lainnya di pulau jawa. Di beberapa bagian dinding candi Borobudur terdapat relief-relief  yang menggambarkan jenis-jenis instrumen gamelan yaitu berupa kendang bertali yang dikalungkan di sebuah leher, kendang menyerupai bentuk periuk, siter dan kecapi, simbal, gambang, suling, saron.  Kemudian pada candi Lara Jonggrang di Prambanan terdapat gambar relief kendang silindris, kendang bentuk periuk,  kendang cembung, simbal dan suling. Pada relief digambarkan bahwa gamelan dipergunakan sebagai instrumen pengiring tari, upacara kerajaan ataupun keagamaan.

Fungsi Gamelan
Gamelan ageng  atau gamelan lengkap berfungsi untuk menyajikan gending-gending, mengiringi pementasan wayang kulit, ketoprak,  wayang orang, dagelan Mataram, tari-tarian Jawa, dan sebagai sarana upacara adat atau keagamaan.
Pada penyajian atau pementasan gending dalam sebuah karawitan dapat dikelompokkan menjadi dua nomor atau repertoar, yaitu:
1. Gending Soran
Soran merupakan penyajian gending-gending  jawa dengan volume tabuhan yang keras. Pada semua ricikan ditabuh kecuali rebab, suling , gender, gambang, dan siter. Penyajian Gending Soran dapat dimainkan dengan tempo tanggung,  seseg, dan antal.
2. Gending Lirihan
Lirihan adalah penyajian gending  jawa dengan volume tabuhan dengan cara halus atau pelan. Semua instrumen gamelan ditabuh meskipun yang diutamakan adalah tabuh ngarep, seperti gambang, rebab, gender, siter, dan suling dengan menggunakan bermacam-macam atau variasi permainan tempo yang berbeda-beda. Dalam bentuk penyajian karawitan lirihan bisa dibedakan lagi berdasarkan ricikan yang dipergunakan, antara lain: siteran, genderan, gadon, nyamleng, dan lain-lain.
Demikian uraian sekilas tentang Gamelan Jawa, kami berharap apabila diantara pengunjung  JualGamelan.com yang berminat untuk pengadaan set Gamelan Jawa bisa langsung menghubungi kami via Call / SMS / WA ke 0813 2519 6277 / 0878 3853 4747

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *