JUAL GAMELAN JAWA : Yuk bahas sejarah gamelan jawa..

SEJARAH GAMELAN

Kami menjual gamelan yang berkualitas. Gamelan yang kami jual terdiri dari bahan kuningan, perunggu dan besi. Dengan harga yang murah dan bervariasi tergantung jenis gamelan serta kualitas yang maksimal, kami menyediakan sesuai kebutuhan Anda.

Gamelan merupakan ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong serta merupakan kekayaan Indonesia. Gamelan banyak ditemui di berbagai daerah Indonesia. banyak sekali alat musik di Indonesia diantaranya angklung, drumband dan gamelan. Musik banyak ditemui di Pulau Jawa, Madura, Bali, maupun Lombok. Tentu saja, varian alat musik yang digunakan sangat berbeda. Gamelan menunjuk pada instrumen / alatnya, yang merupakan kesatuan utuh diwujudkan dan dibunyikan bersama sehingga menghasilkan suara yang enak untuk didengar. Kata Gamelan berasal dari bahasa Jawa gamel yang artinya memukul / menabuh, dengan akhiran an yang menjadikan gamelan tesebut menjadi sebuah kata benda.
Penalaan dan pembuatan orkes gamelan ini merupakan suatu proses yang kompleks. Gamelan bisa menggunakan empat cara penalaan, seperti sléndro, pélog, degung yang dikhususkan untuk daerah Jawa Barat atau Sunda, dan madenda yang biasanya disebut diatonis, seperti skala minor asli yang banyak dipakai di wilayah Eropa.
Pada awal masa pencatatan sejarah, kemunculan gamelan ini didahului dengan budaya Hindu-Budha yang mendominasi Indonesia. Instrumennya dapat dikembangkan hingga bentuknya sampai seperti sekarang ini. Bagaimana menyanikannya adalah satu-satunya dampak perbedaan musik ke-India-an dalam musik gamelan. Menurut mitos Jawa, gamelan dicipatakan oleh Sang Hyang Guru pada masa Era Saka, yaitu dewa yang menguasai seluruh tanah Jawa, dengan istana di gunung Mahendra di Medangkamulan yang sekarang disebut Gunung Lawu. Awalnya Sang Hyang Guru menciptakan gong untuk memanggil para dewa dan menciptakan dua gong untuk lebih spesifik sehingga membentuk set gamelan.
Gambaran tentang alat musik ensembel pertama ditemukan di Candi Borobudur, Jawa Tengah, yang telah berdiri sejak abad ke-8. Telah ditemukan berbagai alat musik seperti lonceng, suling, bamboo, kecapi kendhang dalam berbagai ukuran, alat musik berdawai yang digesek dan dipetik, dalam relief tersebut Namun, hanya sedikit saja elemen alat musik logamnya. Bagaimanapun, asal mula gamelan bisa dikaitkan dengan relief tentang alat musik tersebut
Gamelan masih sering digunakan pada acara-acara resmi di masyarakat seperti pernikahan, syukuran, dan lain-lain. Akan tetapi pada sekarang ini, gamelan hanya digunakan mayoritas masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah karena gamelan yang sedang berkembang di Jawa Tengah, sedikit berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Bila dibandingkan dengan Gamelan Bali yang rancak serta Gamelan Sunda yang mendayu-dayu dan biasanya didominasi suara seruling Gamelan Jawa tentu memiliki nada yang lebih lembut. Menurut beberapa penelitian yang ada, perbedaan itu merupakan akibat dari pengungkapan terhadap pandangan hidup “orang jawa” pada umumnya.
Yuk Order gamelan jawa hanya di www.jualgamelan.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *